Sedang Liburan? Ini Dia Makanan Khas Makasar

Pada dasarnya, setiap negara di dunia ini memiliki oleh-oleh yang menjadi ciri khas dari negaranya. Begitu juga dengan negara Indonesia, yang tentu saja kaya akan keaneka ragaman budaya termasuk kaya akan oleh-oleh khas daerahnya. Seperti oleh-oleh dari Kota Bandung yakni Peyeum, oleh-oleh dari kota Medan yakni Ulos, dan masih banyak lagi. Namun yang akan saya bahas disini hanya seputar oleh-oleh dari Makassar. “ tanpa banyak panjang lebar lagi “, berikut ini akan saya sampaikan 3 oleh-oleh khas Makassar, yang jangan sampai kamu lewatkan.

  • Pisang Epe

Jika kalian berkunjung ke pantai Losari, kota Makassar, maka kalian tidak akan kesulitan untuk mencari pisang epe. Pasalnya pantai tersebut, memang dipenuhi oleh kedai-kedai yang menjajakan pisang epe. Epe sendiri berasal dari bahasa daerah Sulawesi Selatan, yang berarti gepeng. “ Yaps “ sebelum dibakar, buah pisangnya akan terlebih dulu digilas hingga gepeng.

  • Nyuknyang

Oleh-oleh selanjutnya dari kota Makassar yakni Nyuknyang. Nyuknyang merupakan makanan yang sejenis dengan bakso. Hanya saja nyuknyang ini, akan dilengkapi dengan bakwan dan potongan lontong atau ketupat “ duh jadi laper nih gue “.

  • Otak-Otak Ikan Tenggiri

Satu lagi oleh-oleh yang jangan sampai kamu lewatkan, yakni otak-otak ikan tenggiri khas kota Makassar. Pada dasarnya, otak-otak ini serupa dengan jenis otak-otak yang lainnya. Namun otak-otak ikan tenggiri khas Makassar, menggunakan bumbu kacang sebagai sambalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ˆ Back To Top